Wapres Kalla Sholat Tahiyatul Masjid di IIC, Afghanistan |

0 110

DMI.OR.ID, KABUL – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Dr. (H.C.) Muhammad Jusuf Kalla, telah menunaikan sholat tahiyatul masjid di Masjid As Salam, kompleks Indonesian Islamic Centre (IIC), Kota Kabul, Afghanistan, pada Rabu (28/2). Kompleks IIC ini berlokasi di Jalan Ahmad Shah Baba Mina, Distrik 12, Kota Kabul.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com, Wapres Kalla juga meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Klinik Kesehatan di kompleks IIC, Kota Kabul, Afghanistan. Saat itu, Wapres Kalla menggunakan penutup kepala (sorban) khas Afghanistan dan memakai jas hitam.

“Di komplek IIC ini, terdapat Masjid As Salam yang berfungsi sebagai tempat beribadah sekaligus menjalin persahabatan. Nanti juga akan dikembangkan klinik dan perpustakaan di komplek IIC,” tutur Wapres Kalla pada Rabu (28/2).

Sesuai dengan grant agreement (kesepakatan bersama) antara Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Dra. Hj. Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., L.L.M., dan Menlu Republik Islam Afghanistan, H. Salahuddin Rabbani, M.B.A., M.A., klinik kesehatan IIC itu nantinya akan dihibahkan oleh Kemenlu RI kepada Pemerintah Afghanistan.

Adapun komplek IIC ini berdiri di atas lahan seluas 10 ribu hektar yang telah dihibahkan pemerintah Republik Islam Afghanistan kepada Pemerintah RI.

Sebelumnya, seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, Wapres Kalla yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) itu telah bertemu dengan pimpinan High Peace Council (HPC) Afghanistan, Mohammad Karim Khalili, di Istana Haram Sarai, Kabul, Afghanistan, pada Selasa (27/2) sore, pukul 15:00 waktu setempat.

Wapres Kalla beserta delegasi Indonesia tiba di Bandar Udara (Bandara) Internasional Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan, pada Selasa (27/2) siang, pukul 13:40 waktu setempat. Diantara delegasi itu ialah anggota Majelis Pakar PP DMI, Prof. H. Azyumardi Azra, M.A., Ph.D., yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Anggota delegasi lainnya ialah Utusan Khusus Presiden RI untuk Timur Tengah dan Organisasi Konferensi Islam (OKI), Prof. Dr. H. Alwi Abdurrahman Shihab, M.A., Ph.D., dan Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri), Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol) Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI.

Adapun Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Dra. Retno Lestari Priansari Marsudi, S.I.P., L.L.M., turut mendampingi Wapres dan tiba terlebih dahulu di Kabul, Afghanistan.

Wapres Kalla juga didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) RI untuk Republik Islam Afghanistan, Mayor Jenderal (Mayjend) TNI Purn. Arief Rachman, dan Atase Pertahanan RI untuk Republik Islam Pakistan, Kolonel Arh. Putut Witjaksono Hadi.

Wapres Kalla menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Kabul selama sekitar 6 jam 25 menit, setelah bertolak dari Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusumah, Jakarta, pada pukul 06:15 WIB. Sebelumnya, Pesawat Wapres Kalla tiba di Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, pada Pukul 08:15 WIB untuk transit selama sekitar satu jam.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Source link : Dewan Masjid Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.