Shalat Khusuf – Gerhana Bulan 2015

Shalat Khusuf – Gerhana Bulan 2015

Shalat Gerhana 2015_reportMASJIDALIHSAN.COM – Sebagaimana dijelaskan Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag (Machasin), berdasarkan data astronomis akan terjadi Gerhana Bulan Total pada Sabtu, 04 April 2015 yang bertepatan dengan 14 Jumadil Akhir 1436H (kemenag.go.id).  Selanjutnya Kementerian Agama menghimbau umat Islam untuk melakukan shalat sunnah gerhana secara berjamaah.

Dalam rangka melayani jamaah yang akan melaksanakan Shalat Gerhana, DKM Al-Aqsha DeLatinos menyiapkan dan mengajak warga muslim untuk mengikuti  pelaksanaan Shalat Gerhana Bulan, Sabtu 14 Jumadil Akhir 1436H (04/04/15), ba’da shalat maghrib berjamaah.

Bertindak sebagai Imam dan Khatib pada Shalat Gerhana ini ialah Ustad Fathur Rozi, Lc.

Untuk menyegarkan kembali  jamaah yang mungkin sudah lupa dan juga bagi jamaah yang baru pertama kali mengikuti shalat gerhana, Ust Fathur Rozi menjelaskan kembali secara ringkas tata cara pelaksanaan shalat gerhana sebelum shalat di mulai.

Berikut tata cara pelaksanaan Shalat Gerhana :

1] Berniat.

2] Takbiratul ihram, sebagaimana shalat biasanya.

3] Membaca do’a iftitah lalu berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dan membaca surat yang panjang, seperti surat Al Baqarah, dan dijahr -kan (dikeraskan suaranya).Shalat Gerhana 2015_Sosialisasi

4] Kemudian ruku’ dan memanjangkannya.

5] Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal)

6] Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah kembali dan dilanjutkan dengan surat yang panjang, tapi lebih singkat dari yang pertama.

7] Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya.

8] Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal).

9] Lalu sujud yang panjangnya seperti ’, lalu duduk di antara dua sujud dan sujud kembali.

10] Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama, hanya saja bacaan dan gerakannya lebih singkat dari rakaat sebelumnya.

11] Tasyahud.

12] Salam.

Setelah salam, imam langsung naik mimbar untuk  menyampaikan khutbah.

Sampai jumpa pada shalat gerhana berikutnya.

Source link : Masjid Al Aqsha De Latinos – BSD

About

POST YOUR COMMENTS

Pengunjung

  • 0
  • 191
  • 561
  • 8.138
  • 41.546
  • 502.300
  • 1.260.336
  • 103