Sekjend DMI: Jangan Tabu Bicara Politik di Masjid

0 69


DMI.OR.ID, KOTA JAMBI – Sebagai rumah ibadah, masjid sudah semestinya tidak hanya menjadi tempat beribadah, tapi juga menjadi pusat aktifitas dan mencari solusi bagi masyarakat. Dengan demikian fungsi masjid secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

Demikian diungkapkan Sekjend PP DMI, H. Imam Addaruquthni, saat memberikan arahan dalam Rapat Kerja Wilayah Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Jambi, di Gedung Bappeda, Pemprov Jambi, Rabu (23/12).

“Pak Jusuf Kalla selaku Ketua Umum DMI selalu menekankan agar masjid menjadi pusat kegiatan umat. Bukan hanya menjadi tempat ibadah, tapi juga diskusi berbagai persoalan, ekonomi, perdagangan, pendidikan, sosial, politik, informasi dan lain sebagainya,” ujar Imam.

Menurutnya, umat Islam masih banyak yang tidak sepakat menjadikan masjid pusat berbagai kegiatan. Pandangan semacam ini, kata dia, salah. Karena, lanjut dia, justru di masjidlah berbagai persoalan dapat dicarikan solusinya.

“Lihat jaman Rasulullah, semua dibicarakan dan dicarikan jalan keluar. Hingga masalah politik. Ada saat itu namanya sakifah Bani Sa’adah, yang paling terkenal dalam hal strategi dan politik. Jadi semua dibicarakan di masjid,” ujar Imam.

Ia menambahkan, justru masjid harus diramaian dengan berbagai permasalahan umat, dalam pengertian semua masalah umat dibahas dan dicarikan solusinya di masjid.

Imam meminta para pengurus DMI Jambi segera mengerahkan segala tenaga untuk menghidupkan organisasi hingga tingkat ranting (kecamatan), sehingga kelak dapat memberikan manfaat terhadap umat. (Hery S).



Source link : Dewan Masjid Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.