Pak Min Tukang Baso Naik Haji, Setelah 17 Tahun Menabung.

Pak Min Tukang Baso Naik Haji, Setelah 17 Tahun Menabung.

MASJIDALIHSAN.COM –

قال صلى الله عليه وسلم : ” يقول الله تعالى  أنا عند ظن عبدي بي
Qalallahu: Ana inda zanni abdi bi.
God said, ‘I am to my servant as he thinks of Me.
Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku tentang Aku.

***

Pak Sarwo Edi berkisah beberapa hari lalu, pada acara Subuh Sharing tentang seorang tukang bakso yang menjadi langganannya bila pulang kampung ke Solo. Tukang bakso ini bernama Sukimin, sehari-hari dipanggil pak Min.

Sudah lama menjadi perhatian pak Sarwo tentang kebiasaan pak Min membagi tiga hasil jualannya, namun belum sempat menanyakannya. Kali ini melihat ada peluang, pak Sarwo menanyakannya.

Pak Min tidak seperti tukang bakso pada umumnya. Hasil jualan bakso yang ia peroleh dibagi tiga bagian; sebagian masuk dompet, sebagian masuk celengan dan sebagian lagi masuk kotak yang memang sudah disiapkan.

“Pak Min, kenapa hasil jualan baksonya dibagi-bagi seperti itu?, tanya pak Sarwo.
“Uang yang masuk dompet untuk belanja bahan bakso dan keperluan sehari-hari. Uang yang masuk celengan untuk sedekah. Adapun uang yang masuk kotak diniatkan untuk naik haji”, jelas pak Min.
“Sudah lama pak Min melakukan hal ini?”, tanya pak Sarwo penasaran. “Sudah. Sudah lama. Saya melakukan seperti ini sudah 17 tahun”, jawab pak Min.
“Hasilnya?”, tanya pak Sarwo.
“Insya Allah, saya akan berangkat haji tahun 2016 ini”, ungkap pak Min dengan wajah ceria.
“Subhaanallaah, luar biasa”, desis pak Sarwo.

Sesuatu itu bila dilakukan dengan istiqomah akan didapat hasil yang dahsyat. Orang bijak mengatakan :
“Tetes tetes air mampu melubangi batu karang.”
Dan jangan lupa bahwa ada peran Allah dalam kisah pak Sukimin ini. Pak Min sendiri meyakini sekali bahwa Allah akan memudahkan urusannya untuk naik haji. Dalam sebuah Hadis Qudsi, Allah berfirman : “Aku (Allah) sesuai dengan prasangka hamba-Ku tentang Aku”. Jadi kalau yakin maka Allah sebagaimana keyakinan kita itu. Makanya Allah itu melarang kita berputus asa. Hidup ini Allah yang mengatur, termasuk mengatur kita. Minta pertolongan-Nya.
(M Yusuf Sisus)

Foto Profil dari Yusuf Sisus
About

POST YOUR COMMENTS

Pengunjung

  • 0
  • 1.858
  • 656
  • 7.953
  • 47.911
  • 516.210
  • 1.164.923
  • 228