Meneladani Jejak Nabi Ibrahim Allaihi Salam

Meneladani Jejak Nabi Ibrahim Allaihi Salam

SerponShalat Ied - Jamaahg, 11 Dzulhijjah 1436 (25/09/15)

MASJIDALIHSAN.COM – Sanggupkan kita meneladani jejak Nabi Ibrahim Allaihi Salam, yang rela mengurbankan anak tercintanya, Nabi Ismail Allaihi Salam sebagai ketundukannya kepada perintah Allah Ta’ala?

Jika bukan karena ketaatan Nabi Ibrahim Allaihi Salam dan keilkhlasan Nabi Ismail Allaihi Salam serta kecintaan mereka berdua semata-mata karena Allah Ta’ala, mustahil kisah ini bakal terjadi. Kisah kepatuhan dan ketaatan mereka akan tetap abadi hingga akhir zaman, sebagai teladan penyerahan diri total kepada Sang Pencipta.

Kisah ketauladaan abadi ini menjadi syariat dalam Islam yang setiap tahunnya diwujudkan dalam serangkaian ibadah seperti Haji, Hari Raya Iedul Adha dan menyembelih hewan qurban. Banyak sekali  hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari perayaan Hari Raya Qurban ini, namun hakikat utamanya adalah perwujudan ketaatan dan kecintaan hamba sebagai mahluk kepada Sang Khalik, Penciptanya.

Nah, seperti tahun-tahun yang lalu, Dewan Kerukunan Masjid (DKM) Al-Aqsha kembali menggelar perayaan Hari Raya Idul Adha 2015/1436 H dengan mengadakan sholat Iedul Adha berjamaah, dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban yang berasal dari warga Kompleks Delatinos dan sekitarnya.

Khusus untuk sholat IdulShalat Ied - Khatib Adha, karena ada perbedaan penetapan 10 Dzulzijah oleh Ormas Muhamadiyah yang menetapkan pada Rabu 23 September, dan penetapan Pemerintah pada Kamis 24 September 2015, DKM Al-Aqsha mengakomodir perbedaan tersebut dengan mengadakan sholat Iedul Adha di kedua hari tersebut. Sholat Iedul Adha pada Rabu, 23 September diadakan di Masjid Al-Aqsha, sementara Sholat Iedul Adha pada Kamis, 24 September 2015 diadakan di Pelataran Parkir Centro Havana, Kompleks DeLatinos, yang dihadiri oleh ribuan jamaah dari Kompleks Delatinos dan sekitarnya.

Puncak perayaan Iedul Adha dilanjutkan di halaman Masjid Al-Aqsha dengan penyembelihan hewan qurban. Tahun ini, sebanyak 348 orang penqurban yang berasal dari Kompleks DeLatinos dan sekitarnya, mempercayakan hewan qurban berupa 36 ekor sapi dan 98 ekor kambing & domba, untuk disembelih dan disalurkan melalui Masjid Al-Aqsha. Angka ini lebih banyak dibanding tahun 2014 lalu, dimana sapi 26 ekor sapi sedangkan kambing/domba 86 ekor.

“Alhamdulilah, tahun ini jumlah pengurban dan hewan qurban yang dipercayakan ke Masjid Al-Aqsha meningkat cukup besar. Dan Insya Allah, seluruh pengurus dan panitia akan memenuhi kepercayaan ini dengan melaksanakan penyembelihan dan penyaluran hewan qurban dengan baik,” ujar Bapak Suratidjo, ketua Panitia Iedul Adha 1436H/2015, Masjid Al-Aqsha DeLatinos.

Kendati jumlah hewan qurban yang dipotong meningkat cukup besar, panitia Iedul Adha Masjid Al-Aqsha relatif tidak mengalami kesulitan yang berarti dalam pelaksanaan. Untuk pengadaan hewan ternak, panitia telah menjalin komitmen dengan sejumlah peternak di Subang dan Cianjur, gunak memastikan ketersediaan hewan qurban dengan harga yang kompetitif dan layak potong. Begitu pula dengan peralatan dan personil untuk penyembelihan, pencacahan dan penyaluran hewan qurban, panitia menyiapkan sejumlah peralatan memadai serta tim terpadu.

Penyaluran hewan qurban pun berjalan lancar dan teratur. Sebanyak 1381 kantong daging qurban (@ 1,5 kg) telah dibagikan kepada masyarakat di sekitar wilayah DeLatinos dan sekitarnya, serta para pekerja harian, tenaga keamanan, tukang ojek dan supir-supir yang semuanya melayani wraga DeLatinos sehari-hari.

Selain itu, 20 ekor sapi dan 39 ekor kambing/domba, disalurkan ke sejumlah Masjid dan mushala, panti asuhan dan yayasan-yayasan Islam di sekitar Serpong, setelah disembelih sebelumnya di Masjid Al-Aqsha.

“Kami berterima kasih banyak kepada seluruh warga muslim di DeLatinos dan sekitarnya yang telah turut mensyiarkan perayaan Iedul Adha di Masjid Al-Aqsha, semoga cinta dan ketaatan kita bernilai ibadah di sisi Allah Ta’ala,” tutup Pak Suratidjo. [humas03]

Source link : Masjid Al Aqsha De Latinos – BSD

About

POST YOUR COMMENTS

Pengunjung

  • 0
  • 191
  • 561
  • 8.138
  • 41.546
  • 502.300
  • 1.260.336
  • 96