Menag: Jadikan Natal Momentum Teguhkan Persaudaraan

Menag: Jadikan Natal Momentum Teguhkan Persaudaraan



Jakarta (Pinmas) —- Umat Kristiani di seluruh Indonesia merayakan Hari Raya Natal pada Jumat (25/12). Sehari sebelumnya, Kamis (24/12), Umat Islam merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Perayaan Natal 2015 yang hampir bersamaan dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad menjadi momentum meneguhkan kembali semangat persaudaraan. Inilah saatnya merayakan keberagaman yang menjadi pengikat sosial kebangsaan kita,” demikian pesan yang disampaikan oleh Menteri Agama dalam siaran pesan Natal yang ditayangkan oleh TVRI, Kamis (24/12) malam. 

“Ikatan sosial dari keberagaman suku, agama, ras, dan golongan, harus tetap dipertahankan untuk menjaga kelangsungan Indonesia yang melindungi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,” tambahnya.

Menag mengajak umat Kristiani untuk menjadikan perayaan Natal sebagai  momentum refleksi diri dalam membangun bangsa yang lebih baik lagi.  Menurutnya, peristiwa penutupan dan pengerusakan rumah ibadah oleh sekelompok orang yang bertindak atas nama agama dan kerusakan lingkungan  membuat relasi antar umat manusia dan alam menjadi terganggu. 

“Saya mengajak segenap umat kristiani dan seluruh komponen bangsa, mari kita bangun kesadaran sosial dan solidaritas antar sesama kita umat beragama sebagai satu keluarga besar kewarganegaraan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Menag.

Dengan semangat Natal, Menag berharap umat Kristiani menjadi bagian dari solusi atas masalah-masalah kebangsaan yang sedang dihadapi saat ini. Semangat Natal diharapkan dapat memperteguh seluruh komponen bangsa dalam mebina nilai-nilai harmoni dalam keragaman, cinta kasih dalam persahabatan, dan kedamaian sejati dalam kebersamaan.

Menag juga menyampaikan terima kasih kepada Umat Kristiani Indonesia atas kontribusinya dalam menjaga dan membangun kerukunan umat beragama selama ini untuk hidup dalam damai, rukun dalam cinta kasih, dan sejahtera dalam kebersamaan.

“Selamat merayakan Natal 25 Desember 2015 kepada segenap Umat Kristiani dan selamat memasuki tahun baru 2016 bagi kita semua. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkahi kita semua menjadi bangsa yang besar, berdaulat, berdikari dan berkepribadian,” tegasnya. (mkd/mkd)



Source link : Kementerian Agama RI

About

POST YOUR COMMENTS

Pengunjung

  • 0
  • 191
  • 561
  • 8.138
  • 41.546
  • 502.300
  • 1.260.336
  • 23