Catatan Perjalanan Umrah Bersama PP DMI -1 |

0 152

DMI.OR.ID, MEKAH –

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ

إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ

Labbaikallahumma Labbaik

Labbaika Laa Syarikalaka Labbaik
Innalhamda Wan Ni’mata
Laka Wal Mulk
Laa Syarikalak

Arti bacaan talbiyah:

Aku memenuhi panggilanMu ya Allah aku memenuhi panggilanMu. Aku memenuhi panggilanMu tiada sekutu bagiMu aku memenuhi panggilanMu. Sesungguhnya pujian dan ni’mat adalah milikMu begitu juga kerajaan tiada sekutu bagiMu

Bacaan-bacaan talbiyah mengalun khusyuk dan syahdu dari lisan seluruh tamu-tamu Allah Subhanahu Wata’ala, duyufurrahman, duyufullah, yang tergabung dalam rombongan Umrah Bersama Pimpinan Pusat  (PP)  Dewan Masjid Indonesia (DMI) di Masjidil Haram, Mekah al Mukarramah, pada Senin (1/3) malam waktu setempat.

Alhamdulillahi Rabbil A’lamiin, seluruh rombongan Umrah Bersama PP DMI telah bertolak menuju Jeddah pada Kamis (1/3) siang,  sekitar pukul 11:00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Rombongan berangkat dari Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno – Hatta, Tangerang, Banten,  dengan Pesawat Saudi Arabian Airlines  untuk menuju King Abdul Aziz International Airport, Jeddah, Kerajaan Arab Saudi.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID langsung dari Jeddah, perjalanan ini memakan waktu sekitar 10 jam. Dengan perbedaan waktu selama 4 jam lebih cepat di kota Jeddah dengan Jakarta, maka pesawat kami tiba di  Jeddah sekitar pukul 17:00 waktu setempat, bertepatan Pukul  21:00 WIB.

Kemudian setelah tiba di bandara,  seluruh rombongan yang berjumlah  25 orang pun bersama-sama mengurus administrasi passport di bandara dan mengambil koper bagasi kami masing-masing.

Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 18:30 WIB. Kami pun lantas menunaikan sholat jamak  takdim qashar maghrib dan i’sya di musholla airport. Saat itu, yang menjadi Imam ialah Ketua PP DMI, Drs. KH. Abdul Mannan Ghani.

Sebelumnya, ketika pesawat kami melintasi daerah Yalamlam, sebagian jama’ah umrah bersama PP DMI, termasuk penulis, telah memulai memakai dua helai kain ihram, termasuk berniat umrah, Labbaik Allahumma  Umratan.

Pengumuman di atas pesawat  Saudi Arabian Airlines memberikan waktu sekitar 25 menit hitung mundur bagi setiap penumpang yang hendak memakai kain ihram dan berniat umrah, saat pesawat melintasi wilayah Yalamlam.

Rombongan umrah bersama PP DMI ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal PP DMI, Drs. H. Imam Addaruquthni,  M.A., dengan tour leader Ustadz Muchamad Romly dari Kanomas Tour and Travel. Adapun jumlah jama’ah Umrah Bersama PP DMI ini berjumlah total 25 orang, yang terdiri dari tujuh jama’ah perempuan  dan 18 jama’ah laki-laki.

Kemudian, setelah menunaikan sholat berjama’ah jamak takdim qashar Ashar dan Maghrib, kami pun menaiki bus menuju kota suci Mekah al Mukaramah. Perjalanan ini menempuh waktu sekitar satu setengah jam dari Bandara Internasional King Abdul Aziz menuju tempat kami menginap di Hotel Fairmont, Royal Clock Zam-Zam Tower, Mekah.

Kami berangkat dari Bandara Internasional King Abdul Aziz sekitar pukul 19:30 waktu Jeddah, dan sampai di hotel tempat kami menginap sekitar Pukul 21:00 waktu Mekah. Perjalanan ini memakan watu sekitar satu setengah jam. Rombongan pun makan malam di dalam bis, kemudian check in di dalam hotel sembari istirahat sebentar di kamar.

Setelah cukup istirahat, jama’ah umrah bersama PP DMI pun melanjutkan  ibadah umrah menuju Masjidil Haram, malam itu juga, sekitar Pukul 21:35 waktu Mekah. Lantas kami melakukan thawaf sejumlah tujuh kali putaran sembari membaca do’a, dzikrullah, sholawat, dan kalimat talbiyah dengan bimbingan Ustaz Muchamad Romly dan seorang muthawif lainnya, Ustaz  Muhammad Ariefmukimin di Mekah asal Indonesia.

Usai thawaf sebanyak tujuh kaki mengelilingi ka’bah dengan melintasi maqam (tempat berpijak) nabiyullah Ibrahim alaihissalam, hajarul aswad, dan hijr Ismail, kami pun melakukan sa’i sebanyak tujuh kali dengan berlari-lari kecil dari bukit shafa dan marwah dengan jarak sekitar 450 meter. Sa’i kami lakukan sembari membaca do’a, dzikrullahsholawat, dan kalimat talbiyah dengan dibimbing Ustaz Romly dan Ustaz Arief.

Setelah menunaikan ibadah thawaf, kami pun menunaikan sholat sunnah thawaf dua roka’at di belakang maqam Ibrahim atau di Multazam. Lalu usai menunaikan ibadah sa’i,  kami pun mencukur sedikitnya tiga helai rambut  (tahallul) masing-masing secara bergantian.

SubhanAllah, walhamdulillah,  wa laa ilaaha illAllah,  wAllahu Akbar, hanya rasa syukur kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang bisa kami panjatkan atas segala karunia yang diberikan-Nya kepada kami. Khususnya undangan umrah dari Allah SWT kepada PP DMI, melalui Wakil Ketua Umum PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol). Drs. H. Syafrudin,  M.Si.

Dalam rombongan umrah ini, turut hadir sekretaris-sekretaris PP DMI seperti Ir. Hj. Jaorana Amiruddin, M.Si., dan dr. Ivan Rovian, M.K.P.

Hadir juga ketua-ketua PP DMI seperti Drs. H. Muhammad Natsir ZubaidiDrs. KH. Ahmad Bagdja, Dr. Hj. Maria Ulfa Anshari, M.Si, dan Drs. H. Andi Mappaganti,  M.M.

Ikut hadir Bendahara Umum PP DMI, Dr. H. Machfud Sidik, M.Sc., Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, dan Direktur Program PP DMI, Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.A., serta anggota Departemen Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Luar Negeri PP DMI, Drs. K.H. Amiruddin Sabil., dan Drs. H. Baharuddin Tanriwali, M.Si.

Hadir pula anggota Departemen Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan PP DMI, H. Halid Umar Bakadam, yang juga pemilik Kanomas Tour aand Travel sekaligus  Restoran Al Jazeera, serta Ketua Pimpinan Daerah (PD) DMI Kabupaten Sumbawa, Drs. Achmad Syaichu Rauf, M.Si.

Ikut hadir anggota Departemen Sosial, Kemanusiaan, dan Penanggulangan Bencana (Pos Tanggap Bencana/ Postaben) PP DMI,  Drs. H. A. Munir HD, M.M., serta Kepala Sekretariat PP DMI, H. Shouman Ramadhan, dan staf-staf sekretariat PP DMI, Drs. Slamet Riyanto, dan Makhrus, serta admin website DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani,  S.I.P.

Penulis : Muhammad Ibrahim Hamdani

Source link : Dewan Masjid Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.