Aplikasi Dewan Masjid, Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid |

0 24

DMI.OR.ID, JAKARTA – Departemen Komunikasi, Informasi (Kominfo) , Arsitektur Masjid, dan Infrastruktur Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI)  turut berpartisipasi aktif untuk menggerakkan remaja masjid melalui kegiatan Indonesian Islamic Youth Economic Forum (IIYEF) pada Sabtu (15/4), bertempat di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Kegiatan ini mengangkat tema “Awakening The Power of Economic From Masjid” dan dibuka secara langsung oleh Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Komisaris Jenderal (Komjen)  Polisi (Pol) Drs. H. Syafruddin,  M. Si., yang juga Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri).

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan IIYEF ini juga menampilkan sesi Sosialisasi Aplikasi Dewan Masjid Untuk Remaja Masjid pada Sabtu (15/4) sore. Hadir langsung dalam sesi sosialisasi ini Ketua Dept. Kominfo, Arsitektur Masjid, dan Infrastruktur PP DMI, H. Achmad Sugiharto, dan Duta Aplikasi Dewan Masjid, Laras Sylvia, dari Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA), Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam penjelesannya, Laras menyatakan bahwa aplikasi Dewan Masjid berperan sangat besar dalam Memakmurkan dan Dimakmurkan oleh Masjid.

“Mengapa turut Memakmurkan Masjid? karena aplikasi Dewan Masjid mampu membuat database masjid dengan mudah di masing-masing lokasi masjid secara digital,” tutur Laras dalam penjelesannya.

Hal ini, lanjutnya, memudahkan umat untuk mencari jalan terdekat ke arah masjid. Tersedia pula fitur kegiatan masjid yang dapat dilihat oleh seluruh umat pada aplikasi Dewan Masjid ini. “Bahkan pengurus masjid dapat memesan da’i secara online melalui aplikasi ini, ” imbuhnya.

Pernyataan senada diungkapkan Achmad Sugiharto dalam penjelasannya terkait aplikasi Dewan Masjid yang juga dapat dimakmurkan oleh masjid.

“Mengapa dapat dimakmurkan oleh Masjid? karena aplikasi dewan masjid dapat memesan da’i secara online seperti transportasi online yang ada. Dampaknya, aplikasi ini juga dapat melahirkan da’ida’i yang bagus di sekitar masjid,” jelasnya.

Aplikasi dewan masjid, lanjutnya, dapat dilihat oleh Pengurus Masjid, seperti siapa saja da’i -da’i yang terdekat di sekitar Masjid. “Aplikasi ini pun semakin mendekatkan hubungan antara da’i dengan umatnya karena umat dapat berkonsultasi langsung dengan da’i pada aplikasi Dewan Masjid,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Departemen Kominfo, Arsitektur Masjid, dan Infrastruktur PP DMI, H. Mukman Diaz, menyatakan bahwa tim aplikasi Dewan Masjid akan menyediakan hadiah-hadiah yang sangat menarik untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan 1439 Hijriah nanti.

“Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah, yang Insya Allah  jatuh pada 17 Mei 2018 nanti, maka tim aplikasi Dewan Masjid akan menyediakan hadiah-hadiah yang sangat menarik pada Periode Mei-Desember 2018,” paparnya oada Sabtu (14/4) siang, disela-sela Rapat Koordinasi  PP DMI di Kantor DMI Pusat, Jakarta Selatan.

DMI, lanjutnya, akan memberikan beragam hadiah menarik kepada pengurus dan remaja masjid, serta da’i yang paling aktif menggunakan aplikasi Dewan Masjid. “Karena itu, unduh aplikasi Dewan Masjid sekarang juga. Aplikasi ini free, baik jenis andoid maupun ios,” ucapnya.

“Ayo kita perbanyak database masjid dan implementasikan pesan da’i secara online, semoga bermanfaat bagi kita semua. Amiin Yaa Rabbal A’lamiin,” harapnya.

Dalam IIYEF 2018 ini, hadir pula Ketua PP DMI, Prof. Dr. dr. H. Fachmi Idris, M.Kes., yang juga Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketua Departemen Peribadatan dan Hukum PP DMI, Drs. KH. Fakhrurozi Asnawi, dan Sekretaris Departemen Hubungan Antar Lembaga dan Hubungan Luar Negeri PP DMI, Drs. H. Bunyan Saptomo, M.A.

Hadir pula Ketua Departemen Dakwah, Ukhuwwah, dan Sumber Daya Keummatan PP DMI, Ustaz Drs. H. Ahmad Yani, yang sekaligus menjadi narasumber dalam salah satu sesi di IIYEF 2018. Narasumber lainnya ialah Ketua Departemen Pemberdayaan Ekonomi dan Kewirausahaan PP DMI, H. Erwin Aksa.

Penulis: Muhammad Ibrahim HamdaniDrs. H. Bunyan Saptomo, M.A.

Source link : Dewan Masjid Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.