1.000 Remaja Tandatangani Ikrar Remaja Masjid Se-Kota Tangsel |

0 24

DMI.OR.ID., JAKARTA – Seribu remaja dan pemuda masjid se-Kota Tangerang Selatan (Tangsel)  telah bersama-sama menyepakati Ikrar Remaja Masjid Se-Kota Tangsel pada Sabtu (28/5) sore, bertempat di Masjid Bahrul Ulum, Komplek Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong, Kota Tangsel, Provinsi Banten.

Berdasarkan pantauan DMI.OR.ID, kegiatan ini diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangsel bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel, Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia (Kodiklat TNI), serta Kahfi BBC Motivator School.

Prosesi Ikrar Remaja Masjid ini disaksikan langsung oleh anggota Departemen Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Teknologi (Iptek), dan Kebudayaan Pimpinan Pusat (PP)  DMI, H. Bram Syakir. Ia juga ikut menandatangani Ikrar Remaja Masjid itu.

Turut hadir Tim Akustik PP DMI, Musfidarizal, S.E., M.M., yang juga memberikan materi seputar akustik (sound system) masjid. Ia pun memotivasi spirit para pemuda dan remaja masjid untuk senantiasa memakmurkan masjid.

Berikut ini adalah deklarasi lengkap Ikrar Remaja Masjid Se-Kota Tangsel:

Pada hari ini, Sabtu, 12 Syaban 1439 Hijriah, bertepatan dengn 28 April 2018 M. Kami yang bertanda tangan di bawah ini, Remaja Masjid Se-Kota Tangerang Selatan, berikrar untuk mewujudkan Kota Tangerang Selatan yang cerdas, modern, dan religius sebagai berikut;

  1. Menjadikan masjid sebagai pusat peradaban dan gerakan kebangkitan ekonomi umat
  2. Membangun sinergisitas dan silaturahim antar remaja masjid
  3. Menjadi pelopor deradikalisasi dan anti narkoba serta pergaulan bebas
  4. Membangun tradisi shalat berjama’ah di masjid sejak dini
  5. Menjaga tradisi yang baik dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta Udang-Undang Dasar 1945 dan Pancasila.

Ikrar Remaja Masjid ini juga ditandatangani oleh Ketua PD DMI Kota Tangsel, Drs. H. Heli Slamet Soemardi, M.Si., serta Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., yang juga redaktur website DMI.

Sebelum penandatanganan ikrar, seluruh peserta bersama panitia juga melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah di Masjid Bahrul Ulum. Ada pula pemberian motivasi oleh Dr. H. Tubagus Wahyudi, S.T., M.Si., M.C.Ht., C.H.I., dengan tema Membangun Generasi Emas Dari Masjid Untuk Indonesia yang dimulai sejak Pukul 08:00 – 15:00 WIB.

Acara ini merupakan bagian dari kegiatan Ta’aruf 1.000 Pemuda Masjid Kota Tangerang Selatan Tahun 2018 pada Jumat (27/4) hingga Ahad (29/4). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol). Drs. H. Syafruddin, M.Si., pada Jumat (27/4) siang. Ia juga menyampaikan kata sambutan dalam kegiatan ini.

Berdasarkan rilis yang diterima DMI.OR.ID pada Jumat (27/4) sore dari PD DMI Tangsel, acara pembukaan ini dihadiri oleh Bendahara PP DMI, Dra. Hj. Dian Artida, serta Ketua dan Sekretaris Departemen Kaderisasi Pemuda dan Remaja Masjid PP DMI, yakni  drg. Muhammad Arief Rosyid Hasan, M.K.M., dan Ahmad Syarifuddin.

Seperti dikutip dari laman www.republika.co.id, Komjen. Pol. Syafruddin berharap agar generasi muda, khususnya pemuda masjid, dapat menjadi pelopor sekaligus penggerak peradaban Islam. “Kaum muda, terutama pemuda masjid ini, akan menjadi pelopor perkembangan dan pergerakan peradaban Islam ke depan,” tuturnya pada Jumat (27/4) siang di Gedung Puspiptek Serpong.

Komjen Pol. Syafruddin juga mendemonstrasikan Aplikasi DMI berbasis smartphone di depan seluruh peserta dan wartawan yang hadir dalam acara ini. Menurutnya, aplikasi DMI sangat berguna bagi takmir, muballigh, dan pemuda masjid.

“Khususnya untuk mengetahui dan mengatur jadwal, seperti penceramah yang akan berdakwah di masjid. Aplikasi ini juga mempermudah umat untuk mengetahui tata letak masjid yang ada di seluruh Indonesia,” paparnya.

Selain itu, Waketum DMI ini juga mengungkapkan rencana kegiatan dan program DMI pada bulan suci Ramadhan 1439 Hijriah. “Salah satu rencananya ialah pencanangan Program Wisata Religi Berbasis Masjid secara nasional yang akan digelar di Kota Cirebon pada Sabtu (5/5) dan Gerakan Nasional Bersih-Bersih Masjid pada Selasa (8/5) di Masjid Istiqlal, Jakarta,” jelasnya.

“Karena itulah, saya titip pesan kepada Ketua DMI kota Tangsel serta pemuda-pemuda masjid untuk terus menyosialisasikan semua program DMI, terutama pembenahan manajemen masjid,” ucapnya.

Seperti dikutip dari laman http://detik.com, Waketum DMI yang juga Chief de Mission (CDM) Asian Games 2018 itu ikut menandatangani deklarasi bersama-sama dengan pengurus Lembaga Takmir/ Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se-Kota Tangsel dan PD DMI Kota Tangsel.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

Source link : Dewan Masjid Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.